Rabu, 04 Januari 2023

7 MANFAAT BUAH PISANG


 
pisang-doktersehat

DokterSehat.Com - Salah satu buah yang paling mudah dimakan di Indonesia adalah pisang. Anda tidak harus membelinya dari toko buah, tetapi banyak yang bisa dengan mudah mendapatkannya bahkan dari kebun atau pekarangan dekat rumah mereka. Selain rasanya yang manis dan kaya, para ahli kesehatan menunjuk pisang sebagai buah yang dapat memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh.

Berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi pisang

Pisang mengandung banyak nutrisi sehat seperti potasium, potasium, serat, zat besi, magnesium dan berbagai vitamin. Ini menambahkannya ke daftar makanan super yang dikemas dengan manfaat kesehatan.

Berikut adalah yang berbeda turun ke dalam keluar.

Baik untuk kesehatan otak

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pisang mengandung potasium yang tinggi. Kandungan ini terbukti sangat baik untuk kesehatan otak, khususnya meningkatkan kinerjanya. Kita juga bisa berpikir lebih baik, berkonsentrasi dan mengingat lebih baik. Pisang juga mengandung banyak magnesium. Kandungan ini dapat meningkatkan fungsi otak dengan membuat sel-sel antar otak saling mengirimkan sinyal dengan lebih baik. Magnesium juga berfungsi sebagai reseptor N-methyl-d-aspartate (NMDA), yang dapat memaksimalkan perkembangan otak pada anak. Ini juga sangat meningkatkan kemampuan belajar dan memori.

Dapat memberikan energi

Pisang mengandung gula alami dan serat yang dapat memberi energi pada tubuh. Itu berarti ketika kita menggunakannya sebagai camilan atau ketika kita lapar, itu akan memberi energi kembali pada tubuh untuk berbagai hal.

Penelitian menunjukkan bahwa makan dua buah pisang dapat memberikan energi yang cukup bagi tubuh untuk berjalan selama 90 menit. Artinya energi yang diberikan oleh buah ini cukup tinggi.

Dapat mempercepat saluran pencernaan

Pisang mengandung banyak serat. Kandungan ini dikenal luas baik untuk kesehatan pencernaan karena dapat mencegah sembelit, kembung, dan gangguan pencernaan lainnya. Jenis serat dalam pisang adalah serat pektin, yang secara signifikan dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

Dapat mengontrol gula darah

Meski rasanya manis, pisang justru membantu mengontrol gula darah agar tetap seimbang. Hal ini disebabkan adanya serat pektin yang dapat membantu tubuh menjalankan fungsi tersebut. Selain itu, makan pisang sebagai camilan alih-alih camilan tidak sehat lainnya mencegah asupan kalori dan gula Anda terlalu tinggi.

Menurut American Diabetes Association, makan pisang secara teratur dapat membantu mencegah diabetes secara efektif. Antioksidan tinggi

Pisang mengandung banyak antioksidan. Pakar kesehatan mengatakan bahwa antioksidan ini tidak hanya memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan paparan radikal bebas yang berbahaya, tetapi juga dapat meningkatkan produksi hormon dopamin dan katekin, yang dapat membantu mencegah stres dan peradangan.

Baik untuk nutrisi

Pisang memiliki jenis pati tahan karbohidrat yang dapat membuat perut Anda kenyang dalam waktu lama. Artinya, makan pisang sebagai bagian dari makanan sehari-hari atau sebagai camilan dapat membantu menurunkan berat badan.

Mampu menangani stres

Kandungan asam amino triptofan dan vitamin B6 dapat merangsang produksi hormon serotonin dalam tubuh, yang mengurangi stres, memperbaiki suasana hati, menenangkan pikiran dan tubuh, dan pada akhirnya menimbulkan perasaan yang lebih bahagia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Memilih Kambing Yang Baik Untuk Pemeliharaan

  Cara Memilih Kambing Yang Baik Untuk Pemeliharaan Kambing merupakan hewan ternak yang cukup populer di Indonesia karena memiliki banyak ma...