Minggu, 08 Januari 2023

CARA MENJAGA TEKANAN DARAH AGAR TETAP NORMAL

 hipertensi-doktersehat

 DokterSehat.Com - Hipertensi merupakan masalah kesehatan yang banyak terjadi di kalangan masyarakat Indonesia. Masalahnya, banyak orang menyepelekan gaya hidup sehari-hari sehingga cenderung mengembangkan masalah kesehatan ini. Oleh karena itu, tekanan darah normal harus dijaga agar terhindar dari risiko penyakit berbahaya.
Cara menjaga tekanan darah agar tetap normal

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar tekanan darah tidak melebihi batas normal. Berikut adalah beberapa cara menjaga tekanan darah normal yang ternyata sangat mudah:


Joging di akhir pekan

Karena berbagai aktivitas, banyak yang hanya punya waktu untuk berlatih di akhir pekan. Namun, para ahli kesehatan mengatakan itu jauh lebih baik daripada tidak berolahraga sama sekali. Jika kita hanya jogging setiap akhir pekan, tekanan darah kita bisa dibilang normal.

Ini adalah hasil penelitian yang dilakukan oleh Danish Copenhagen City Heart. Sebuah studi terhadap 20.000 peserta berusia 20 hingga 93 tahun menemukan bahwa joging di akhir pekan meningkatkan sirkulasi dan konsumsi oksigen serta menjaga tekanan darah tetap normal.

Makan yogurt secara teratur

Yoghurt lebih dikenal sebagai makanan diet. Padahal, makanan tersebut cocok untuk semua orang, termasuk mereka yang sehat dan menjaga tekanan darah normal. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di University of Minnesota di Amerika Serikat, ditemukan bahwa satu cangkir yogurt sehari saja dapat menurunkan tekanan darah.

Konsumsi yogurt secara rutin bahkan dapat membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi hingga 31 persen. Ini pasti dapat membantu mencegah masalah tekanan darah secara efektif. 

Makan pisang secara teratur

Selain yogurt, kami juga merekomendasikan makan pisang jika ingin menjaga tekanan darah tetap normal. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal Online, diketahui bahwa kandungan potasium yang tinggi pada pisang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh sekaligus efektif menurunkan tekanan darah.


Jangan merokok lagi

Salah satu penyebab tekanan darah tinggi dan gangguan jantung di Indonesia adalah masih banyaknya masyarakat yang merokok. Hal ini disebabkan kandungan racun asap rokok yang terbukti dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah.

Selain perokok aktif, mereka yang sering terpapar asap rokok dan menjadi perokok pasif lebih rentan mengalami gangguan kesehatan yang sama. Oleh karena itu, kita harus benar-benar menghindari asap rokok untuk menjaga kesehatan kita.

Kurangi kebiasaan bekerja lembur

Orang sering bekerja lembur karena banyaknya tugas atau karena ingin mendapat penghasilan lebih. Jika kita bekerja lebih dari 40 jam seminggu, risiko terkena tekanan darah tinggi bisa meningkat hingga 14 persen!

Fakta ini diungkapkan oleh sebuah penelitian di University of California di Amerika Serikat. Menurut peneliti, kebiasaan bekerja lembur membuat kita kurang aktif, makan kurang sehat, dan jarang berolahraga. Juga akan ada lebih banyak hormon stres dalam tubuh. Padahal, hormon ini bisa meningkatkan tekanan darah secara signifikan.

Kurangi konsumsi kafein

Meskipun minum kopi berkafein bisa sangat nikmat, namun jika kita meminumnya lebih dari 3 cangkir sehari, dikhawatirkan akan meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi.

Perhatikan berat badan Anda

Dengan menjaga berat badan ideal, sirkulasi darah bekerja lebih lancar dan pada akhirnya menjaga tekanan darah pada level normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Memilih Kambing Yang Baik Untuk Pemeliharaan

  Cara Memilih Kambing Yang Baik Untuk Pemeliharaan Kambing merupakan hewan ternak yang cukup populer di Indonesia karena memiliki banyak ma...