Rabu, 04 Januari 2023

MAKANAN PENYEBAB KANKER

 keripik-asin-doktersehat

Salah satu penyakit yang paling ditakuti banyak orang adalah kanker. Tidak hanya meningkatkan risiko kematian dini, penderitanya juga sangat menderita karena penyakit ini menggerogoti bagian-bagian tubuh. Selain itu, pengobatan penyakit ini biasanya sangat sulit dan mungkin tidak dapat menyembuhkannya secara tuntas. Oleh karena itu kita harus melakukan yang terbaik untuk mencegah kedatangannya. Berbagai makanan yang harus dihindari untuk mencegah kanker

Salah satu cara untuk mencegah kanker adalah dengan makan dengan benar. Pakar kesehatan mengatakan bahwa ada beberapa makanan berbeda yang justru dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit ini, sehingga sebaiknya kita menghindarinya.

Berikut makanan-makanan tersebut.

Limun

Orang Indonesia umumnya lebih menyukai minuman bersoda. Hal ini karena rasanya yang nikmat dan menyegarkan, apalagi disajikan dalam keadaan dingin. Masalahnya adalah minuman berkarbonasi adalah beberapa minuman paling tidak sehat di luar sana.

Kandungan gula minuman bersoda sangat tinggi. Ditambah lagi dengan fakta bahwa jenis gula dalam minuman ini adalah sirup jagung yang tinggi fruktosa. Gula ini sangat pekat dan sulit dicerna tubuh.

Saat kita sering menggunakannya, organ pencernaan terutama hati bekerja keras untuk mengolahnya. Dikombinasikan dengan paparan komponen pewarna buatan dari minuman ini, hal itu meningkatkan risiko kanker saluran cerna.

Makanan yang terbuat dari tepung putih

Makanan yang terbuat dari tepung terigu dapat dengan mudah kita jumpai setiap hari, seperti pasta, roti dan aneka kue. Masalah yang melatarbelakangi konsumsi makanan ini, jika kita terlalu sering memakannya, maka resiko terkena kanker akan meningkat. Hal ini disebabkan pengolahan tepung terigu yang menggunakan beberapa bahan kimia yang dapat meningkatkan resiko kanker.

Ada juga beberapa makanan yang mengandung tepung terigu gula putih yang tinggi, yang bisa menyebabkan peradangan pada tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Kentang

Keripik, apalagi yang diisi dengan berbagai rasa yang menarik, juga bisa meningkatkan risiko kanker jika sering dimakan. Ini karena kandungan lemak trans, pengawet, dan garamnya yang tinggi.

Selain itu, mengolah kentang dengan suhu tinggi juga bisa memicu munculnya kadar akrilamida. Salah satu bahan yang bersifat karsinogenik atau dapat menyebabkan kanker.

Margarin

Margarin yang sering kita gunakan sebagai bahan pembuat kue ternyata juga bisa meningkatkan risiko kanker. Hal ini disebabkan pengolahan yang menggunakan minyak pada suhu tinggi, yang pada akhirnya dapat memicu munculnya bahan kimia jenis Lycidol dan 3-MCPdare yang sedang atau dapat menyebabkan kanker.

Popcorn disiapkan dalam microwave

Microwave popcorn rasanya memang enak, tapi pakar kesehatan mengatakan makanan ini sudah mengandung bahan kimia PFOA, bahan penyebab kanker. Selain itu, kita juga bisa menemukan bahan kimia lain seperti diacetyl di dalam popcorn ini. Bahan ini juga bisa memicu perkembangan kanker.

Daging merah

Meski kaya nutrisi, sebaiknya kita batasi konsumsi daging merah karena seringkali dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti kanker, obesitas dan lain-lain. Jika kita cenderung makan daging panggang, risiko terkena kanker pankreas bisa meningkat hingga 60%!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Memilih Kambing Yang Baik Untuk Pemeliharaan

  Cara Memilih Kambing Yang Baik Untuk Pemeliharaan Kambing merupakan hewan ternak yang cukup populer di Indonesia karena memiliki banyak ma...