Senin, 16 Januari 2023

CARA MENGURANGI RESIKO KANKER

sate-taichan-doktersehat

 

Salah satu masalah kesehatan yang paling banyak menyebabkan kematian dini di Indonesia adalah kanker. Masalahnya, penyakit ini seringkali disebabkan oleh gaya hidup yang buruk. Karena itu, kita sangat perlu menjaga pola hidup sehat untuk mengurangi risiko kanker. Lantas, adakah hal yang harus kita hindari untuk mencegah penyakit ini? Berbagai cara untuk mencegah kanker

Padahal, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kanker. Misalnya faktor keturunan atau lingkungan bisa mempengaruhinya. Hanya jika kita ingin menghindari gaya hidup tertentu yang tidak sehat, maka risiko terkena penyakit ini bisa ditekan.

Berikut adalah beberapa cara kita dapat mengurangi risiko kanker.

1. Mulailah mengurangi konsumsi sate

Sate termasuk makanan yang paling banyak dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Ini karena rasanya yang sangat enak. Selain itu banyak jenis sate, sate ayam, sate kambing, sate kerbau, sate usus, sate kulit dan lain-lain di Indonesia. Masalahnya, penggunaan yang sering dapat meningkatkan risiko kanker.


Ini karena cara pengolahan sate yang biasanya sedikit gosong. Meskipun dapat meningkatkan rasa, secara signifikan meningkatkan kandungan karbon dan karsinogeniknya. Selain itu, jika kita membakar daging sedemikian rupa sehingga lemaknya menetes ke atas bara atau pemanas, maka akan menghasilkan asap yang mengandung senyawa PAH yang dapat menyebabkan kanker. Oleh karena itu, meskipun baunya harum dan enak, kita tidak boleh menghirup asap dari tusuk sate tersebut.

2. Sebaiknya kurangi penggunaan pewangi ruangan

Pengharum ruangan memang dapat membuat rumah menjadi bau apek, namun para ahli kesehatan mengatakan bahwa penggunaan pengharum ruangan secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker. Nyatanya, tak hanya pengharum ruangan, parfum mobil juga bisa memberikan efek yang sama.

Ini karena kandungan pengharum ruangan yang justru bisa menjadi sumber polusi. Ini kemudian dapat membuat tubuh terpapar bahan-bahan yang dapat menyebabkan kanker. Jika rumah kita tidak memiliki ventilasi yang baik, risiko kanker bahkan dapat meningkat secara signifikan.

3. Kurangi konsumsi minuman bersoda

Sementara minuman bersoda yang manis dan menyegarkan dapat meningkatkan risiko obesitas atau diabetes jika dikonsumsi terlalu sering, namun banyak orang yang tidak menyadari bahwa minuman tersebut juga dapat meningkatkan risiko kanker.

Ini karena adanya 4-methylimidazole, yang bertindak sebagai pewarna dalam cola. Kandungan ini justru dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru dan leukemia. Oleh karena itu, kita harus mengurangi konsumsi minuman ini atau bahkan tanpa sama sekali.

4. Kurangi penggunaan perangkat kosmetik

Banyak kosmetik yang masih menggunakan bahan kimia bisphenol A atau BPA dan paraben. Berbagai kandungan tersebut dapat mempengaruhi keseimbangan hormonal tubuh. Paparan bahan kimia tersebut seringkali dikhawatirkan dapat meningkatkan berbagai penyakit seperti kanker payudara dan penyakit kardiovaskular.

5. Waspadai polusi udara

Pencemaran udara terutama dari asap kendaraan yang mengandung bahan beracun seperti karbon monoksida, karbon dioksida, hidrokarbon dan lain-lain dapat menyebabkan kanker kulit dan pernafasan. Itu sebabnya kita harus selalu memakai masker di dekat jalan raya atau saat menggunakan kendaraan roda dua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Memilih Kambing Yang Baik Untuk Pemeliharaan

  Cara Memilih Kambing Yang Baik Untuk Pemeliharaan Kambing merupakan hewan ternak yang cukup populer di Indonesia karena memiliki banyak ma...